Selasa, 20 Mei 2014

Mesin Bubut

           Hallo sobat ngilmu, kali ini saya akan memposting materi tentang mesin bubut. Kalau kalian berkutat dibidang pemesinan pasti kalian tau apa itu mesin bubut. Secara garis besar mesin bubut merupakan mesin konvensional yang berfungsi untuk membentuk, mengurangi, menyayat benda kerja. 
         Intinya mesin bubut adalah untuk memproduksi benda kerja mentah menjadi benda jadi. Prisipnya dengan putaran, benda dicekam chuk , chuck terpasang pada spindel, kemudian spindel berputar. Nah, pada saat bersamaan pahat menyayat benda tersebut. Masih bingung? untuk lebih lanjutnya langsung saja kita ke TKP...

MESIN BUBUT

Pengertian  
          Mesin bubut ialah mesin yang digunakan untuk proses bubut sedangkan proses bubut sendiri adalah proses pemesinan untuk menghasilkan bagian-bagian mesin (komponen) berbentuk silindris yang dikerjakan dengan menggunakan mesin bubut. Sedangkan mesin bubut sendiri merupakan perkakas untuk membentuk benda kerja dengan gerak utama berputar.  
 
Prinsip kerja
        Pada proses pembubutan, prinsip kerja yang digunakan adalah benda berputar pada kecepatan tertentu. Kemudian secara bersamaan pahat akan memakan benda kerja dimana gerakan pahat sejajar dengan sumbu benda kerja. Gerakan putar dari benda kerja disebut gerak potong relatif dan gerakkan translasi dari pahat disebut gerak feeding.



Macam gerakan
Bubut melintang merupakan gerakan membubut dengan mengurangi panjang dan menghaluskan bagian depan benda kerja.

Bubut memanjang merupakan gerakan membubut dengan mengurangi diameter benda kerja.
Bubut tirus merupakan gerakan membubut dengan mengurangi secara tirus

Bagian bagian

Headstock atau kepala tetap adalah bagian utama dari mesin bubut yang digunakan untuk menyangga poros utama, yaitu poros yang digunakan untuk menggerakan spindel. 



Spindel ini merupakan bagian terpenting dari sebuah kepala tetap. Spindel berfungsi sebagai dudukan chuck (cekam), plat pembawa, kolet, senter tetap, dan lain-lain.

Alas/Ways memiliki fungsi utamanya ada 3 yaitu : Tempat kedudukan kepala lepas, Tempat kedudukan eretan (cariage/support), Tempat kedudukan penyangga diam (stendy prest). Alas yang terbentuk memanjang merupakan tempat tumpuan gaya-gaya pemakanan pahat saat membubut. Alas mesin ini memiliki permukaan yang rata dan halus. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung kesempurnaan pekerjaan membubut (kelurusan). 

Tool post atau tempat pahat merupakan rumah pahat (untuk penyayatan pada saat pembubutan). 

Carriager/eretan merupakan  Eretan adalah bagian mesin bubut yang berfungsi sebagai penghantar pahat bubut sepanjang alas mesin.

Tailstock atau kepala lepas adalah adalah bagian dari mesin bubut yang letaknya disebelah kanan mesin dan dipasang diatas mesin. Kepala lepas dapat bergeser di sepanjang alas mesin.

Bed mesin berfungsi untuk tempat kedudukan pembawa (carrier). 

Sumbu pengatur jarak kisar (lead screw) berfungsi untuk proses pembuatan ulir (threading turning). 

Pengatur gerak maju pemotongan (feed shaft) berfungsi untuk menggerakkan pahat secara otomatis baik memanjang maupun melintang.

Macam pengerjaan

Pembubutan Muka (Facing), yaitu proses pembubutan yang dilakukan pada tepi penampangnya atau gerak lurus terhadap sumbu benda kerja, sehingga diperoleh permukaan yang halus dan rata .

Pembubutan tirus (Taper), yaitu proses pembuatan benda kerja berbentukkonis. Dalam pelaksanaan pembubutan tirus dapat dilakukan denngan tiga cara, yaitu memutar eretan atas (perletakan majemuk), pergerseran kepala lepas (tail stock), dan menggunakan perlengkapan tirus (tapper atachment).

Pembubutan Rata (pembubutan silindris), yaitu pengerjaan benda yang dilakukan sepanjang garis sumbunya. Membubut silindris dapat dilakukan sekali atau dengan permulaan kasar yang kemudian dilanjutkan dengan pemakanan halus atau finishing.
  
Pembubutan ulir (threading), adalah pembuatan ulir dengan menggunakan pahat ulir.

Pembubutan drilling, yaitu pembubutan dengan menggunakan mata bor (drill), sehingga akan diperoleh lubang pada benda kerja. Pekerjaan ini merupakan pekerjaan awal dari pekerjaan boring (bubut dalam)

Perluasan lubang (boring), yaitu proses pembubutan yang bertujuan untuk memperbesar lubang. Pembubutan ini menggunakan pahat bubut dalam.  

Knurling, yaitu proses pembubutan luar (pembubutan slindris) yang bertujuan untuk membuat profil pada permukaan benda kerja. Pahat yang digunakan adalah pahat khusus (kartel).  

Jenis-jenis
Berdasar posisi sumbu utama :
Mesin bubut vertikal merupakan mesin bubut dengan kedudukan sumbu utamanya tegak (vertikal). 
Mesin bubut horisontal merupakan mesin bubut dengan kedudukan sumbu utamanya mendatar (horisontal).  
 
Berdasarkan dari pemasangannya : 
Mesin bubut bangku (bench type) merupakan mesin bubut ini berukuran kecil dan dipasang di atas bangku/metal cabinet. Biasanya digunakan untuk mengerjakan benda-benda kerja yang berukuran kecil.
Mesin bubut lantai merupakan mesin bubut ini dipasang langsung di lantai. jenis ini paling banyak digunakan.  
Berdasar dari penggunaannya :
Mesin bubut biasa (center lathe) merupakan mesin bubut yang digunakan di bengkel-bengkel dan juga untuk pendidikan dan pelatihan. 
Mesin bubut penyalin (copy lathe) merupakan mesin bubut yang digunakan berdasarkan model (master) dari benda kerja yang akan dikerjakan. 
Mesin bubut Turet merupakan mesin bubut yang dilengkapi dengan turet pada saddle. 
Mesin bubut program (numerically controlled lathe) merupakan mesin bubut yang merupakan mesin bubut otomatis yang bekerjanya berdasarkan program-program yang dibuat.
Mesin bubut permukaan (face lathe) merupakan mesin bubut yang khususnya digunakan untuk mengerjakan benda kerja berdiameter besar dan pipih. 
Mesin bubut presisi (tool room lathe) merupakan mesin bubut yang digunakan untuk melakukan pekerjaan yang memerlukan presisi tinggi.
Mesin bubut bercelah (gap bed lathe) merupakan mesin bubut yang seperti mesin bubut biasa, tetapi dilengkapi dengan landasan atau bed yang dapat digeser ataupun dilepas.  
Mesin bubut laras senapan (gun barrel lathe) merupakan mesin bubut yang khusus digunakan untuk membuat lubang laras senapan. 
Mesin bubut poros engkol (crank shaft lathe) merupakan mesin bubut yang khusus digunakan untuk mengerjakan poros engkol, karena poros engkol berputar tidak pada sumbunya (eksentrik).

sumber :




http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/Teknologi%20PemesinanBAB2UL.pdf 

Nah dari materi diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa mesin bubut memiliki banyak fungsi perbagian, jenis, maupun pengerjaannya. Semoga materi diatas dapat bermanfaat untuk sobat ngilmu.Terima kasih dan salam ...
 

1 komentar:

Tommy mengatakan...

Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

Salam,
(Tommy.k)
WA:081310849918
Email: Tommy.transcal@gmail.com
Management

OUR SERVICE
Boiler Chemical Cleaning
Cooling tower Chemical Cleaning
Chiller Chemical Cleaning
AHU, Condensor Chemical Cleaning
Chemical Maintenance
Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
Degreaser & Floor Cleaner Plant
Oli industri
Rust remover
Coal & feul oil additive
Cleaning Chemical
Lubricant
Other Chemical
RO Chemical

Posting Komentar

 
;